Share It

Selasa, 30 Oktober 2012

Soal : Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC Yang Tersambung Jaringan

  1. Sebutkan peralatan vital yang harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan beserta fungsinya masing-masing dalam jaringan tersebut!
  2. Sebutkan dan jelaskan topologi fisik jaringan yang ada minimal 2 buah serta keuntungan dan kerugiannya!
  3. Dalam Jaringan apakah perlu dilakukan perawatan? Kalau perlu berapa jangka waktu perawatannya? Mengapa harus dilakukan perawatan? Pada bagian apa saja?
  4. Apakah ada kesamaan dan perbedaan fungsi antara HUB, Repeater, Bridge, dan Router dalam jaringan?
  5. Apa yang dimaksud dengan protokol dalam jaringan IPX dan TCP/IP?
  6. Apa yang dimaksud dengan jaringan peer to peer dan peer to server (client server) apa keuntungan dari masing-masing ?
  7. Pada saat isolasi permasalahan secara software hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan? Mengapa?

                                              JAWAB
    1. A.. Komputer Server .
            - Berfungsi sebagai pusat data serta pintu masuk kedalam sistem jaringan dan berisikan daftar user   yang diperbolehkan masuk ke server atau kedalam sistem jaringan tersebut .
       B. Komputer Workstation (client) .
          - Berfungsi memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut denan server .
     C. HUB/Switch .
         - Berfungsi sebagai terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Ethernet Card) .
     D. Kartu Jaringan (NIC) .
         - Berfungsi sebagai media untuk penghubung sehingga komputer dapat dihubungkan kedalam sistem jaringan .
    E. Kabel dan Konektor .
        - Berfungsi sebagai media penghubung antara komputer client dengan computer client yang lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan .
  2. A. TOPOLOGI START
Topologi strart merupakan topologi yang masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan komputer secara keseluruhan.
Keuntungan menggunakan topologi star yaitu:
a.Fleksibelitas tinggi.
b.Penambahan atau perubahan komputer sangat mudah dan tidak menganggu bagian jaringan lain, yaitu dengan cara menarik kabel menuju hub.
c.Kontrol terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan.
d.Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan, jika terdapat salah satu kabel yang menuju node terputus maka tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Hanya kabel yang putus yang tidak dapat digunakan.
e.Jumlah pengguna komputer lebih banyak daripada topologi Bus
Kelemahan menggunakan topologi star yaitu:
a.Boros kabel
b.Perlu penanganan khusus
c.Jika Hub Rusak maka jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.
    B. Topologi Bus
Topologi Bus adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator.
Keunggulan Topologi BusKeunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan. Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node).
Kerugian topologi bus:
- Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil.
- Kepadatan lalu lintas.
- Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh

   3. Jaringan sangat perlu dilakukan perawatan. Perawatan harus dilakukan secara berkala dan dilakukan pengecekan setiap minggu serta pada saat terjadi gangguan. Perawatan perlu untuk mendapatkan kinerja jaringan yang optimal dan selalu dalam kondisi yang normal. Bagian yang memerlukan perawatan adalah seluruh komponen jaringan baik secara hardware maupun secara software.

  4. Kesamaan antara HUB, Repeater, Bridge dan Router dalam jaringan adalah sebagai penghubung antar komputer agar dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Perbedaan antara HUB, Repeater, Bridge dan Router dalam jaringan adalah:
- Hub adalah sebagai pembagi sinyal data dari Kartu Jaringan (Network Interface card) dan sekaligus untuk penguat sinyal dalam satu jaringan.
-Repeater adalah penguat sinyal. Sinyal yang diterima dari segmen jaringan satu ke segmen jaringan yang lain yang diharapkan sinyal yang diterima akan sama kuatnya dengan sinyal yang dipancarkan. Dengan pemasangan repeater ini diharapkan dapat memperluas dua buah jaringan komputer.
-Bridge digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN dan mengirim atau menungkin paket data dari satu LAN ke LAN yang lain. Sebuah bridge menyediakan sambungan antar dua tipe LAN yang sama. Dengan pemasangan bridge dapat memperluas jaringan LAN, sehingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lainnya menjadi bagian dari LAN yang lebih besar
- Router memiliki kemampuan untuk melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang memungkinkan banyak jalur diantara keduanya. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN sehinga trafik yang dibangkitkan oleh suatu LAN dapat terisolasi dengan baik dari trafik yang dibangkitkan LAN lain.

   5. IPX/SPX atau INTERNETWORK PACKET EXCHANGE/SEQUENCED PACKET EXCHANGE mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang di transmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data.
TRANSMISSION CONTROL PROTOCOL/INTERNET PROTOCOL (TCP/IP) adalah satu set aturan standar komunikasi data yang di gunakan dalam proses transfer data dari satu komputer ke komputer lain di jaringan komputer tanpa melihat perbedaan hardware.

   6. Jaringan Peer Tpo Peer adalah
sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
Keuntungannya :
- Lebih murah
- Mudah untuk di setup
- Mudah dan murah dalam perawatan
- Tidak membutuhkan sistem operasi berbasis server
Client/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain.
Keuntungan :
- Security terpusat
- Sinkronisasi pada file
- Mudah di backup
- Mudah di perbesar jaringanya

   7.Pada saat isolasi permasalahan secara software hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
      a. Penginstallan driver kartu jaringan dengan sempurna, karena kartu tersebut mengkomunikasikan kartu jaringan dengan komputer. Apabila penginstallan tidak sempurna maka komputer tidak akan mengenal kartu jaringan tersebut sehingga kartu jaringan tidak dapat digunakan.
       b. Konfigurasi kartu jaringan, karena setting kartu jaringan mengkomunikasikan komputer dengan jaringan yang telah ada.
      c. IP Address dan Subnet mask adalah alamat komputer, karena apabila mengisi alamat tersebut dengan asal maka tidak dapat masuk dalam sistem jaringan, maka perlu mengetahui nomor IP dan Subnet mask yang digunakan dalam jaringan untuk dapat bergabung dalam jaringan tersebut.
   d. Workgroup, karena untuk masuk dalam jaringan harus mengetahui alamatnya kalau tidak mengetahui kelompok yang dituju maka tidak dapat masuk dalam kelompok tersebut walaupun nomor IP dan subnet mask sudah benar.
 





0 komentar:

Poskan Komentar