IBX5A6A185CE6F84

Wednesday 6 September 2017

Menentukan Judul Tugas Akhir Tidak Semudah yang di Bayangkan

Tahapan terakhir pada mahasiswa yaitu menyelesaikan Tugas Akhir, Tahapan inilah yang kemudian akan menentukan kapan dia akan di sidang dan kapan dia di wisuda, semakin cepat dia menyelesaikan Tugas Akhirnya maka semakin cepat pula dia bakalan di sidang dan mendapatkan gelar sesuai dengan program studi atau fakultas dimana dia belajar.
Keinginan setiap mahasiswa yaitu segera cepat lulus, dan memungkinkan untuk segera juga mendapatkan pekerjaan. Nah, kembali lagi ke Tugas Akhir, untuk menyelesaikan Tugas Akhir tidaklah mudah, banyak tahap-tahapan yang harus kita lalui. Salah satunya ialah menentukan judul untuk Tugas Akhir kita yang akan kita selesaikan hingga membawa kita kepada tahapan yang terakhir yaitu sidang.
Menentukan Judul Tugas Akhir ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Judul haruslah original hasil karya kita sendiri, ataupun pengembangan dari judul-judul yang sudah ada.Tidak boleh memplagiat karya orang lain, ini akan berdampak buruk untuk kedepannya.
Selain itu juga menentukan judul Tugas Akhir haruslah sesuai kemampuan dan integritas kita. Jangan sampai setelah di setujui oleh dosen pembimbing tidak tau harus mengerjakan yang mana dan bagaimana cara mengerjakannya.
Boleh saja di awal kita bakalan bilang “alah palingan gak bakalan tau kita ngambil judul orang lain”. Oke, bisalah kita bilang seperti itu di awal, tapi apakah tau dampak untuk kedepannya? Ya, hasil karya kita akan di publih di jurnal nasional, dan itu bakalan tau apakah karya kita murni hasil pengerjaan sendiri atau hasil dari karya orang lain.
Sebaiknya dipikirkan secara matang terlebih dahulu dan jangan terburu-buru untuk menentukan judul. Ini juga berlaku untuk saya sebagai penulis.
Mungkin cukup sekian karya saya untuk tulisan kali ini, tunggu tulisan-tulisan saya selanjutnya

Bandung, 6 September 2017



0 comments:

Post a Comment