IBX5A6A185CE6F84

Friday 7 August 2015

MOS berujung maut, siapa yang salah?

 Hallo.
Ketemu lagi sama gw. Kali ini gw akan membahas tentang MOS yang memakan korban. Melanjutkan artikel gw yang lalu tentang bullying MOS. Nah, yang belum baca artikel sebelumnya bisa klik disini
Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian
              Masa Orientasi Sekolah atau MOS adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah yang baru serta memperkenalkan sedikit materi-materi yang tentunya berguna untuk siswa baru. MOS seharusnya dilaksanakan dengan hal-hal yang positif bukan hal yang negative bahkan berujung dengan kematian.
                Kalau sudah ada korban siapa yang disalahkan? Hal itu yang terjadi di Indonesia. Dalam MOS tiap tahun pasti ada korban baik korban luka-luka sampai korban tewas. Beberapa hari yang lalu kita di kejutkan dengan tewasnya siswa baru SMP di Bekasi. Beliau tewas setelah disuruh jalan beberapa KM. belum tuntas kasus yang menimpah siswa SMP tersebut ada lagi kasus yang terbaru. Seorang siswa SMP di Bintan, Kepri tewas akibat di tendang dan di kroyok sesama teman MOSnya sendiri  dan yang terakhir seorang siswa SMK di Garut tewas akibat menolong kakak seniornya yang hanyut terbawa arus. Sang senior selamat sedangkan sang korban sempat hilang dan ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.
                Itulah sebahagian korban-korban “akibat” pelaksanaan MOS yang diketahui, masih banyak yang tidak kita ketahui akibat kekerasan yang dialami siswa baru dalam pelaksaan MOS. Sebenarnya yang bikin konsep jalannya MOS itu siapa? Apakah ada ikut campur tangan guru apa 100 % diserahkan kepada murid. Gw juga gak tau.
                Lantas apa sebenarnya tujuan mereka melakukan tindak kekerasan terhadap junior mereka. Apakah mereka ingin mendidik agar junior mereka tegas, tangguh, dll. Atau mereka  melakukan ini sebagai ajang balas dendam apa yang mereka dapatkan saat MOS dahulu.

                Gw sih cuman bisa berharap semoga pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Tidak ada lagi korban-korban selanjutnya akibat pelaksaan MOS ini. Dan semoga korban tewas di terima di sisi ALLAH SWT., aamiin.

0 comments:

Post a Comment